Jumat, 23 Maret 2012

Kampung Jawa Sekatul

Kampung Jawa Sekatul dikenal sebagai tempat wisata alam yang cukup baik, baik dari pelayanan maupun sarana prasarannya. Kampung Jawa Sekatul sebagai tempat wisata yang telah diakui masyarakat pemerintah sebagai tempat wisata, ternyata juga mempunyai nilai history yang tinggi. Kampong Jawa Sekatul berada di kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Menurut kampoengdjawa.com, Kampung Jawa Sekatul ini didirikan dalam rangka untuk melestarikan budaya, filsafat dan sejarah.

“Berdasarkan penuturan Herry Setyanto, kembali pada laku yang dijalaninya selama 12 Tahun lalu Merasa sebagai orang Jawa yang beridentitas tentunya harus mempunyai Rumah Jawa / Joglo Jawa. Sebelum mendirikan Rumah / Joglo Jawa, mulailah mencari tempat dulu, kebetulan Tahun 1999, Herry Setyanto mendapatkan tempat diSekatul yang lokasinya di Desa Margosari, kec. Limbangan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Ternyata secara kebetulan, Tanah Sekatul mempunyai kandungan sejarah yang dalam”(kampoengdjawa.com).

Yang unik dari Kampung Jawa Sekatul ini, disediakan tempat untuk mengolah rasa (semedi) yang berupa rumah joglo warisan dari orang-orang hebat masa lampau. Selain joglo tempat olah rasa, juga disediakan joglo lain yang mempunyai fungsi lain.

Kampung Jawa Sekatul selain mempunyai sarana rekreasi kejawen, juga disediakan arena rekreasi modern, diantaranya aneka permainan outbond, arena bermain air, dan tidak ketinggalan pula rekreasi atau wisata kuliner khas Jawa.

Bagi anda yang ingin betul-betul menikmati wisata alam dan wisata rohani kejawen, silahkan berkunjung ke Kampung Jawa Sekatul, disarankan apabila berwisata ke Kampung Jawa Sekatul bisa bermalam disana untuk lebih menghayati suasana kejawen.